Tiga Peserta Didik MTs Negeri 1 Kota Semarang Maju Ke Tingkat Provinsi dalam KSM Tahun 2023

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota Semarang Tahun 2023 telah dilaksanakan 8-10 Juli 2023.  Sabtu (15/7/2023) akhirnya pengumuman KSM tersebut dirilis oleh Kemenag. Berdasarkan hasil pengumuman tersebut, tiga peserta didik MTs Negeri 1 Kota Semarang berhasil meraih juara. Adapun yang mendapat juara, yaitu Evan Raoul Rahman Juara 1 Mapel IPS, Nur Aini Syarifah Juara 2 Mapel IPS dan Achmad Nauval Juara 4 mapel IPA.

Juara 1, 2, 3, 4 dan 5 dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota Semarang Tahun 2023 berhak maju ke tingkat provinsi yang akan dilaksanakan tanggal 5-6 Agustus 2023. Sedangkan kartu peserta dan petunjuk pelaksanaan KSM tingkat provinsi baru bisa diunduh pada 1 Agustus 2023.

Adapun peserta KSM Tingkat Kota Semarang Tahun 2023 mencapai 593 peserta dengan rincian tingkat MA/SMA ada 213 peserta, tingkat MTs/SMP 169 peserta, dan tingkat MI/SD 211 peserta dengan diikuti dari madrasah (MA/MTs/MI) dan  sekolah (SMASMP/SD) baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Semarang.

Mata pelajaran yang dilombakan dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota Semarang Tahun 2023 jenjang MI/SD mata pelajaran matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi. Jenjang MTs/SMP mata pelajaran matematika terintegrasi, IPA terintegrasi, dan IPS terintegrasi. Sedangkan jenjang MA/SMA mata pelajaran matematika terintegrasi, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, geografi terintegrasi, dan ekonomi terintegrasi.

Ani Suma’iyah dan Indra Setyowati merupakan guru pembimbing mata pelajaran IPS mengaku bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya. “Bimbingan yang telah dilakukan sekitar dua minggu ini ternyata membuahkan hasil yang menggembirakan. Semangat dan rasa haus akan pengetahuan sudah terlihat sewaktu membimbing mereka,” ujar Ani Suma’iyah.

Evan Raoul Rahman bersyukur atas prestasi yang diraihnya dalam KSM 2023 dengan menjadi juara 1 mapel IPS . Evan juga merasa senang dan bahagia karena kerja kerasnya membuahkan hasil. Selama bimbingan dia merasakan suasana yang menyenangkan sehingga materi dan latihan soal yang diberikan terasa ringan dan dapat dipahami. Evan juga tidak cepat puas akan hasil yang diraihnya saat ini karena masih ada tahapan yang harus dilaluinya supaya dapat lolos kembali dan meraih hasil yang memuaskan di KSM tingkat provinsi mendatang. Oleh karena itu, dia meminta doa dan dukungan dari orang tua, guru serta teman-temannya agar dapat membanggakan madrasah di tingkat provinsi bahkan nasional.

Kasturi selaku Kepala MTs Negeri 1 Kota Semarang mengucapkan selamat dan terima kasih kepada peserta didik dan guru pembimbing yang menghantarkan madrasah meraih juara di KSM tahun 2023. “Kami berharap selaku tuan rumah kegiatan KSM Tingkat Kota Semarang tahun 2023, peserta didik MTs Negeri 1 Kota Semarang mampu tampil menjadi yang terbaik serta menjadi kebanggaan dan dapat menjadi bagian dari kesuksesan madrasah di Kota Semarang untuk menuju ke tahap selanjutnya yaitu provinsi dan nasional. Semoga peserta didik MTs Negeri 1 Kota Semarang yang lolos ke tahap provinsi mampu menyumbangkan prestasi dan lanjut ke tingkat nasional” kata Kasturi. Tetap semangat dan terus berusaha untuk mencapai hasil yang diinginkan. (Humas Emtessa)