Promosikan Biopestisida Midopest, Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura Sosialisasi ke Desa Sungai Kakap

PONTIANAK - Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura mempromosikan pupuk midopest yang berbahan dasar jamur di Desa Sungai Kakap pada Senin (17/07).


Kegiatan ini bertujuan mempromosikan sekaligus aplikasi produk pestisida nabati, yaitu Midopest, dalam Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha atau P2MW yang dihadiri oleh Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Perangkat Desa Sungai Kakap. Kegiatan dibuka oleh perwakilan kepala desa, Kaur Perencanaan, Wendi Hadi Setyadi, S.E.


Tim Midopest dari Program Studi Biologi FMIPA UNTAN dalam P2MW diketuai oleh Nurul Huda, dengan anggota Syaddad Nabil Muzaffar, Zidan Hafidz Al Awwali, dan Kesha Purwaning Sari serta Rahmawati, M.Sc sebagai dosen pembimbing. Midopest ini berawal dari penelitian mengenai
Trichoderma sp. hasil isolasi Ibu Rahmawati M.Sc dan Ibu Mukarlina, M.Si bersama mahasiswa (Sariwiyanna, dkk Tahun 2022), yang kemudian dikembangkan oleh mahasiswa (Muhammad Fajar dan Ericco Wijayanto) menjadi produk midopest dalam program kewirausahaan.


Pupuk Midopest ini berbahan dasar jamur
Trichoderma sp. yang digunakan dari hasil isolasi tanah perakaran jeruk Siam. Pupuk Midopest ini bermanfaat menanggulangi organisme pengganggu tanaman pada tanaman hortikultura dan tanaman pangan. Selain itu, pupuk ini juga bisa menjadi pengurai pembuatan kompos jerami, membasmi jamur penyebab busuk buah dan busuk batang. Manfaat yang dapat dirasakan juga yaitu mengurangi resiko gagal panen, yang tersedia dalam bentuk cair maupun padat sehingga lebih mudah diaplikasikan.


Harga Pupuk Midopest ini adalah Rp50.000 per kg/liter tersedia juga untuk kemasan 500 gram/liter dengan harga Rp35.000, untuk kemasan 250 gram/liter dengan harga Rp20.000. Pupuk Midopest ini dapat dibeli melalui instagram @midopest atau dapat menghubungi nomor 0857 5430 4623 dan bisa langsung mengunjungi Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kalimantan Barat.